Plafon adalah salah satu aspek terpenting yang harus diadakan pada sebuah rumah dan bangunan. Kenapa? Karena dengan kehadiran plafon akan melindungi penghuni rumah dari suhu panas matahari pada siang hari dan juga mereduksi paparan panas pada malam hari akibat terpaan sinar matahari sepanjang pagi hingga sore hari. Tujuan pemasangan plafon bukan hanya untuk memproteksi penghuni dari suhu panas saja, yang tak kalah penting penggunaan Plafon (ceiling) akan menjadikan rumah menjadi indah…

Bayangkan jika tidak ada plafon sehingga pandangan orang-orang langsung ke atap seng/dack beton dan bahan roofing lainnya, tentu akan menimbulkan kesan ketidaksempurnaan dari para tamu bahkan ke pemilik rumah atau bangunan tesebut.

Toko Gypsum Medan
Model Desain Gypsum Minimalis

Plafon itu ibarat mahkota atau topi atayu payung ketika kita sedang jalan-jalan ke luar di tengah terik matahari. Sudah bisa dibayangkan tanpa adanya plafon akan menimbulkan kegerahan yang sangat luar biasa, penghuni rumah akan terus kepanasan dan keringatan d ari pagi hingga malam, kecuali jika anda mau menghidupkan AC (air conditioner) sepanjang hari, tapi hal ini akan menyebabkan pemborosan yang masif, sehingga pemberian plafon dalam sebuah ruangan adalah mutlak.

Plafon Gypsum
Pemasangan Plafon Gypsum

Kira-kira Jenis Plafon apakah yang terbaik? Plafon memiliki opsi yang beragam, namun yang paling sering digunakan pada saat ini adalah Plafon yang terbuat dari Gypsum. Kenapa gypsum? Karena gypsum mudah dibentuk, awet, fleksibel bisa ditimpa cat segala macam warna dan dikombinasikan dengan lighting dan furniture sehingga cukup menawan. Kendati pada saat sekarang ada alternatif plavon lain seperti plafon pvc, plafon grc kalsiboard, conwood dan banyak merek lain yang terbuat dari fiber semen atau papan semen, ada juga triplek dan kayu, akan tetapi plafon yang terbuat dari material gypsum masih tetap mendominasi baik di residensial/rumah pribadi, perkantoran, hotel, sekolah dan lain sebagainya.

Bukannya saya bermaksud mengesampingkan plafon non gypsum, tapi tidak bisa dipungkiri dengan segala kelebihan dan kelemahannya, gipsum masih menjadi leader dalam dunia perplafonan. Memang gypsum untuk plafon umumnya tidak anti air, masih ada resiko apabila plafon gypsum yang sudah terpasang tersebut jika atap bocor atau tempias/rembesan yang menyebabkan genangan air di dasar plafon, lama kelamaan gyspum bisa lembab dan berjamur, namun perbaikan atau penyisipan gypsum cukup mudah, hanya tinggal memotong bagian yang akan diganti, lalu mensisip kemudian pengkasaan dan pendempulan pemplamiran dan dicat…Selesai…Cukup mudah bukan…? 

Merek-merek gypsum di pasaran cukup banyak beredar, merek Jayaboard adalah Best Brand yang sudah lama dikenal di kalangan kontraktor dan tukang, karena anti lendut dan bobotnya yang ringan, sehingga lebih memudahkan proses pekerjaan, kendati harga gypsum jayaboard sedikit lebih mahal, tapi jaminan mutunya jangan dilupakan. Ada juga gypsum merek Indoboard kelauaran USG Boral sebagaimana halnya Jayaboarg juga keluaran USG Boral, akan tetapi Indoboard harga lebih murah tipis dibandingkan dengan abangnya Jayaboard. Terus ada merek Elephant, Eboard, Aplus, Yoshino, Gyproc, Knauf, dll. Di pasaran ada juga gypsum murahan yang biasanya dicari orang untuk pelaksanaan proyek..

Jadi dari paparan singkat ini, anda mungkin sudah mengerti bahwa gypsum sebagai salah satu plafon terbanyak yang dipakai memiliki lebih banyak keutamaan daripada plafon jenis lainnya. Tinggal anda memutuskan mana yang paling cocok untuk bangunan anda. Next time, saya akan mengupas plafon dari bahan lainnya seperti Plafon PVC, Shunda Plafon, Papan Semen seperti GRC Board, dan mungkin plafon lain ya…

Jika anda ingin memesan Plafon dan atau sekalian pasang plafon gypsum dan plafon jenis lain, bisa Call/WA 0811614051 atau kunjungi showroom kami dengan ketik dari Google : HANIYA JAYA. Terima kasih.